Begini Karakter Pebisnis Sukses.

Begini Karakter Pebisnis Sukses.

Banyak orang yang memiliki keinginan menjadi entrepreneur yang sukses, namun tidak semua orang bisa mewujudkannya karena sebagian besar berhenti di tengah jalan dan di bawah tekanan yang sangat besar. Salah satu entrepreneur ternama di abad ini adalah Steve Jobs. Banyak orang yang kagum dengan keberhasilannya, namun lebih banyak orang yang kagum dengan pengalaman hidupnya. Ia dikeluarkan oleh perusahaannya sendiri hingga kegagalan yang berkali-kali pernah dialaminya.

Sampai saat ini, belum ada rumus khusus untuk menjalankan kesuksesan dalam berbisnis. Karena kesuksesan bisa diraih oleh siapapun tanpa mengenal ras, pendidikan, tingkat sosial, dan faktor lainnya. Namun sebagian besar entrepreneur memiliki sifat-sifat tertentu yang membantunya meraih kesuksesan. Jika Anda ingin menjadi sukses, Anda bisa meniru sifat di bawah ini dan bida Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Ulet

Entrepreneur akan mengalami kegagalan berulang kali sebelum meraih kesuksesan. Kegagalan ini bisa menghancurkan Anda atau membuat Anda menjadi lebih kuat. Hal ini dialami oleh banyak entrepreneur, salah satunya adalah Jett McCandles, pemilik perusahaan logistik CarrierDirect di Chicago, USA. Pada saat bisnis awal yang dia rintis gagal, ia ditawarkan untuk bekerja di suatu perusahaan dengan gaji yang mencukupi, namun ia menolaknya dan membangun perusahaan baru lagi yaitu CarrierDirect. Ia membuat perusahaan dengan konsep baru yang lebih menguntungkan sebagai konsultan, penyedia pasar bagi perusahaan logistik lainnya. Dalam waktu 2 tahun ia mampu mendapatkan keuntungan hingga $35 juta!

Memiliki passion

Dibanding uang, entrepreneur lebih dipengaruhi oleh passion yang besar terhadap produk, pelayanan, dan pemecahan masalah. Karena entrepreneur percaya akan mengubah dunia dengan caranya sendiri. John Roulac mengembangkan tanaman jenis hemp yang berguna di industri agrikultur. Namun ia dituntut oleh pengadilan karena hemp adalah satu famili dengan mariyuana. Karena ia percaya bahwa hemp bisa menciptakan industri makanan yang lebih baik, ia tetap mempertahankan perusahaannya. Hingga kini ia telah menciptakan makanan dari tanaman organik yang lebih sehat bagi tubuh manusia.

Toleransi terhadap ambiguitas

Ambiguitas di sini bisa bermakna dari ketidakpastian, karena setiap entrepreneur memiliki ketidakpastian dalam mendapatkan penghasilan dan jaminan. Selain itu, ketakutan mereka ketika menghadapi perasaan kehilangan dalam bisnis dan harta yang mereka miliki. Jill Blashack Strahan pendiri dari Tastefully Simple, mengatakan bahwa ia hampir kehilangan rumah dan berhenti menjalakan bisnis setelah suaminya meninggal dunia. Namun ia mengurungkan niat tersebut dan tetap menjalankan usahanya. Kini perusahaannya telah menghasilkan keuntungan lebih dari $90 juta. Menurutnya seorang entrepreneur mampu melihat situasi tertentu dan bisa mengatasi semua masalah yang ada.

Visioner

Visioner di sini adalah kemampuan untuk melihat celah atau peluang yang belum dimanfaatkan oleh orang lain dan menempatkan dirinya paling depan dalam perkembangan teknologi dan industri baru. Selain itu, mereka juga memiliki tantangan untuk menyampaikan visinya dengan tepat kepada staff, konsumen, dan juga investor. Sebagian besar orang mungkin akan menolak terhadap visi yang Anda miliki karena itu adalah hal baru, tapi bagi seorang entrepreneur, mereka memiliki visi jauh ke depan dan tidak hanya melihat peluang yang ada pada saat ini.

Percaya Diri

Sebagai entrepreneur, Anda harus memiliki keyakinan dalam diri Anda bahwa Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan benar. Meskipun Anda tidak memahami produk Anda pada awalnya, namun Anda yakin dan mau belajar memahami dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang Anda miliki. Jason Apfel pemilik dari FragranceNet.com tidak memiliki pengetahuan mengenai perawatan kecantikan, kosmetik, dan parfum pada awalnya. Namun ia percaya bahwa dengan menjual produk tersebut secara online dan harga yang kompetitif akan memiliki peluang yang lebih besar.

Fleksibel

Kemampuan ini diperlukan guna menghadapi perubahan yang cepat dalam teknologi dan keinginan pasar. Sebagian besar produk yang Anda kembangkan sekarang tidak akan sama dengan produk final karena harus disesuaikan dengan perubahan yang ada. Jika Anda tidak mampu menghadapi perubahan tersebut maka bisnis Anda akan stagnan dan tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor.

Rule breaker

Seorang entrepreneur tidak akan mengikuti peraturan-peraturan yang sudah ada dan menuruti begitu saja. Berdasarkan sebuah survei yang diadakan di Universitas of California, Barkeley, dan Yona Rubinstein of The London School of Economics menemukan bahwa sebagian besar entrepreneur memiliki gabungan sifat yang berbeda yaitu pintar, agresif, serta berani mengambil resiko, yang sering dikategorikan sebagai karakter dari seorang pemberontak. Hal ini bisa mendeskripsikan beberapa sifat yang dimiliki oleh semua entrepreneur sukses di abad ini.


Jadi, diantara 7 sifat yang disebutkan di atas, sudahkah Anda memilikinya? Semoga artikel ini berguna dan bisa memotivasi Anda sebagai entrepreneur sukses di Indonesia bahkan di dunia!

 

Sumber

Butuh kartu nama untuk bisnis atau pribadi?

ORDER SEKARANG